Kontroversi Kasus Promosi Minuman Beralkohol Hollywings Berlabel “Muhammad dan Maria” dalam Konstruksi Pemberitaan Detik.com, Kompas.com dan Republika.co.id
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami bagaimana konstruksi realitas yang dilakukan oleh Detik.com, Kompas.com dan Republika.co.id terhadap kontroversi kasus promosi gratis minuman beralkohol Holywings berlabel “Muhammad dan Maria” dalam pemberitaan ketiga media tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, melalui analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, yang membaginya menjadi empat dimensi struktural teks berita sebagai perangkat framing yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan latar belakang visi dan misi antara Detik.com, Kompas.com, dan Republika.co.id. Melalui perangkat sintaksis, skrip, tematik, dan retoris maka terlihat bahwa Detik.com mengonstruksi kasus Holywings sebagai pemberitaan yang hanya mementingkan aktualitas dan “pasar” berita atas kesalahan promosi Holywings di frame hanya sebagai kesalahan biasa, bukan penistaan agama. Kompas.com mengonstruksi kasus Holywings sebagai penistaan agama Islam dan Kristen. Namun konteks penistaan agama tersebut ditonjolkan secara hat-hati tetapi tetap menggiring opini publik agar pelaku diproses secara hukum. Republika.co.id tegas mengonstruksi kasus Holywings sebagai tindakan penistaan agama, khususnya bagi umat Islam. Republika.co.id menonjolkan konstruksi bahwa promosi miras tersebut sebagai bentuk tindakan ekstrimisme yang harus dituntut secara hukum.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achfandhy, M. I. (2021). Konstruksi wacana dan realitas portal berita online. Islamic Communication Journal, 6(1), 59–76. https://doi.org/10.21580/icj.2021.6.1.6445
Alamsyah, I. E. (2022). Viral..! Holywings Unggah Promo Minuman Alkohol Bagi yang Bernama Muhammad. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/rdw7s1349/viral-holywings-unggah-promo-minuman-alkohol-bagi-yang-bernama-muhammad
Garini, T., & Besman, A. (2018). Praktik Jurnalisme Kloning di Kalangan Wartawan Online. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 1–9. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/2736/pdf_1
Huda, L. (2022). Malapetaka Promosi Miras Holywings Berujung Gelombang Tuduhan Penistaan Agama. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/06/24/19485281/malapetaka-promosi-miras-holywings-berujung-gelombang-tuduhan-penistaan?page=all#page2
Ismandianto & Isnaini. (2020). Analisis Semiotika Sosial M.A.K Halliday Pemberitaan Kontroversi Kafir di Media Online Kompas.com dan Republika.co.id. Komunikasiana Jorunal of Communication Studies, 2(2), 83–95. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/komunikasiana/article/view/11407
Luxiana, K. M. (2022). Arahan Anies, Pemprov DKI Cabut Izin Usaha Seluruh Outlet Holywings di Jakarta! Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-6149864/arahan-anies-pemprov-dki-cabut-izin-usaha-seluruh-outlet-holywings-di-jakarta
Naqqiyah, M. S. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Media Online CNN Indonesia.com dan Tirto.id Mengenai Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 3(01), 18–27. https://doi.org/10.33367/kpi.v3i01.1483
Nurliah, N. (2018). Konvergensi dan Kompetisi Media Massa dalam Memenangkan Pasar di Era Media Digital di Makassar. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 106–118. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5951
Republika.co.id. (2022). Sekum Muhammadiyah: Promo Miras Holywings Pakai Nama Muhammad-Maria Bentuk Sikap Ekstrimisme. Republika.Co.Id. https://kurusetra.republika.co.id/posts/161990/sekum-muhammadiyah-promo-miras-holywings-pakai-nama-muhammadmaria-bentuk-sikap-ekstrimisme
Rusadi, U. (2014). Konsumsi Berita Lintas Media Massa Konvensional Dan Internet. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 4(3), 173–187. https://media.neliti.com/media/publications/122466-ID-none.pdf
Sadewo. (2022). Nama Muhammad Dapat Miras, Ust Felix Siauw: Sistematis dan Kemungkinan Hollywings Sengaja. Republika.Co.Id. https://mlipir.republika.co.id/posts/159071/nama-muhammad-dapat-miras-ust-felix-siauw-sistematis-dan-kemungkinan-hollywing-sengaja
Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 383–392. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1113
Tim detikNews. (2022). Geger Promo Minuman Alkohol bagi `Muhammad dan Maria` di Holywings. Detik.Com. https://www.detik.com/jabar/hukum-dan-kriminal/d-6144708/geger-promo-minuman-alkohol-bagi-muhammad-dan-maria-di-holywings
Tria Sutrisna. (2022a). Holywings Indonesia Dilaporkan ke Polda Metro Jaya Terkait Promo Miras Bernada Penistaan Agama. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/06/24/11483141/holywings-indonesia-dilaporkan-ke-polda-metro-jaya-terkait-promo-miras
Tria Sutrisna. (2022b). Holywings Indonesia Minta Maaf Soal Promo Miras yang Dianggap Bernada Penistaan Agama. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/06/24/12482651/holywings-indonesia-minta-maaf-soal-promo-miras-yang-dianggap-bernada?page=all#page2
Waluyo, D. (Puslitbang A. dan I. K. K. dan I. R. (2018). Makna Jurnalisme dalam Era Digital: Suatu Peluang dan Transformasi. Jurnal Media Dan Komunikasi Kominfo RI, 1(1), 33–42. https://jurnaldiakom.kominfo.go.id/index.php/mediakom/article/view/17
Winarni, N., & Lestari, R. D. (2019). Netizen News Sources in the Journalistic Ethics Perspective (Case Study in Online Media Jogja.tribunnews.com). Journal Pekommas, 4(1), 85. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040109
Yogi Ernes. (2022). Promo Minuman Alkohol bagi Muhammad dan Maria di Holywings Dipolisikan! Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-6144506/promo-minuman-alkohol-bagi-muhammad-dan-maria-di-holywings-dipolisikan
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.1047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright